Kamis, 25 Juni 2015

Ilustrasi
Ilustrasi

Tahun 2014 Silpa Jabar Capai 4 Trilyun

BANDUNG, FOKUSJabar.com: Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Iwa Karniwa menyebut  jumlah Sisa Lebih Penghitungan Anggaran (Silpa) Pemprov Jabar tahun 2014 lalu mencapai Rp4,54 trilyun.  Silpa itu sebagian besar berasal dari kelebihan target pendapatan daerah, baik  dari pajak daerah, retribusi daerah, dan juga PAD lainnya yang sah.
Dia mengatakan, jumlah Silpa itu berasal dari peninglatan pendapatan dan dana perimbangan. Dana perimbangan ini berasal dari dana bagi hasil pajak dan bukan pajak termasuk sisa anggaran proyek atau anggaran belanja yang dilakukan efisiensi.
“Termasuk juga beberapa anggaran yang disediakan tapi tak terserap seperti subsidi, untuk pengamanan operasi pasar, untuk raskin.  Alhamdulillah diserapnya hanya sebagian,” kata Iwa di Bandung, Kamis (25/6/2015).
Kendati begitu, pihaknya mengaku belum mengetahui pasti anggaran apa saja yang menjadi Silpa. Namun sebagian besar berasal dari pencapaian over target dan sisa tender yang telah dianggarkan.
“Saya pikir lebih rincinya bisa ke Kabiro Keuangan tentang Silpa itu. Tapi kalau tadi kita lihat, anggaran 100 persen realisasinya 86 persen,” tukasnya.
(LIN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar