Rabu, 24 Juni 2015

KURSI WABUP CIAMIS KOSONG, TIGA NAMA BEREBUT GANTIKAN JEJE

CIAMIS, FOKUSJabar.com : Wakil Bupati (Wabup) Ciamis Jeje Wiradinata resmi mengumumkan pengunduran dirinya dari jabatan Wabup Ciamis di Sidang Paripuran DPRD, Selasa (23/6/2015) kemarin. Hari ini surat pengusulan pengunduran diri Jeje tengah diproses DPRD Ciamis ke Kementrian Dalam Negeri.
Tiga nama bakal calon wakip bupati Ciamis, yang sudah muncul meramaikan wacana penggantian jabatan Wakil Bupati Ciamis, paska pengunduran diri Jeje Wiradinata.
Tiga nama bakal calon wakil bupati Ciamis, yang sudah muncul meramaikan wacana penggantian jabatan Wakil Bupati Ciamis, paska pengunduran diri Jeje Wiradinata.
Kendati secara legal formal pengunduran diri Jeje Wiradinata sebagai Wabup Ciamis belum keluar, namun tiga nama bakal calon penggantinya sudah bermunculan. PDIP sebagai partai yang pernah dipimpin Jeje Wiradinata, memutuskan mengusung Oih Burhanudin.
Sebagai partai pengusung pasangan Sajiwa ( Iing Syam Arifien – Jeje Wiradinata ) pada Pilkada Ciamis 2014 lalu, nama Oih Burhanudin memang digadang-gadang sebagai calon yang sedang diatas angin. Apalagi PDIP saat ini merajai di DPRD Ciamis sebagai peraih kursi terbanyak.
Namun begitu, Oih Burhanudin takan berjaan lenggang kangkung begitu saja, dari partai pengusung Sajiwa lainnnya, yakni Golkar dan PPP, pun sudah memunculkan nama, kendati kedua partai tersebut belum menggelar rapat pleno seperti yang telah dilakukan DPC PDIP Ciamis.
Dua nama lain yang siap menjadi pesaing Oih Burhanudin di bursa pemilihan calon Wakil Bupati ( Wabup ) Ciamis menggantikan Jeje, yaitu Sekjen DPD II Golkar Ciamis Baim Setiawan dan Oyat Nurayat dari PPP. Kedua nama ini meskipun belum resmi diusulkan partainya, namun secara pribadi sudah menyatakan niat akan berkonsolidasi dengan partai untuk mengusulkan namanya.
“Aturannya kan partai pengusung berhak mengusulkan nama calon, Pak Jeje memang dari PDIP, tapi bukan berarti nanti calonnya mutlak calon tunggal dari PDIP. Nah, di Golkar insya Allah saya akan maju, dan akan melakukan konsolidasi di internal, supaya pencalonan saya resmi merupakan usulan partai, ” kata Baim Setiawan pertelepon, Rabu (24/6/2015).
Hal serupa juga disampaikan Oyat Nurayat kader PPP, menurutnya jika partai menyetujui dirinya maju ia akan maju mencalonkan diri. Menurut oyat kans sangat terbuka lebar ketika nanti calon dipilih oleh anggota DPRD.
“PDIP kan 12, sisanya partai lain, kans masih besar bagi siapapun calon yang bakal maju di luar PDIP, termasuk calon yang diusulkan PPP nanti, ” ujar Oyat.
Terlepas dari wacana perebutan jabatan politik Wakil Bupati Ciamis, Ketua DPRD Ciamis H Asep Roni mengatakan masih banyak tahapan-tahapan yang perlu dilalui DPRD untuk membahas pergantian atau pengisian jabatan Wakil Bupati Ciamis yang ditinggalkan Jeje Wiradinata.
“Kita masih menunggu keabsahan pengunduran diri Pak Jeje dari Kementrian, kemudian kita juga masih harus konsulitasi ke Kemendagri dan lembaga lain yang terkait, aturan mana yang bisa kita jadikan acuan, dan sebagainya. Ya kalau calon sudah bermunculan itu sah-sah saja. PDIP bahkan sudah lebih dulu memastikan Oih Burhanudin, itu hasil rapat pleno, ” papar Asep Roni.
(DEN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar