Minggu, 12 Juli 2015

bjb umkm

Dorong Perekonomian Daerah, Bank Bjb Launching PESAT

BANDUNG,FOKUSJabar.com: Guna mendorong perekonomian daerah, bank bjb melaunching program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Terpadu (PESAT). Launcing pun dilakukan dalam rangkaian pembukaan Bazzar Ramadhan bank bjb. Demikian diungkapkan Direktur Mikro bank bjb Agus Gunawan di pelataran parkir menara bank bjb, Jalan Naripan Bandung, Jumat (10/7/2015).
“Program ini sebagai wujud dari misi bank bjb menjadi penggerak dan pendorong laju perekonomian di daerah dan sekaligus menjawab tantangan yang dihadapi pelaku UMKM,” kata Agus.
agus
Direktur Mikro bank bjb Agus Gunawan saat menandatangi program PESAT pada launching sekaligus Bazzar Ramadhan 2015 di pelataran parkir menara bank bjb Jalan Naripan Kota Bandung, Jumat (10/7/2015). (Foto: Budi)
Menurut dia, PESAT akan menyentuh berbagai lapisan masyarakat baik yang telah menjadi nasabah bank bjb maupun masyarakat luas (calon nasabah). Sehingga, jika semula pelaku UMKM hanya merasakan layanan bank bjb dalam bentuk kucuran modal kerja, melalui program ini pelaku UMKM pun terbantu, terlebih dalam meningkatkan kapasitas usahanya melalui pendampingan hingga pembinaan manajemen dan usaha para nasabah.
“Idealnya, mikro banking tidak saja menyangkut masalah pemberian kredit, tetapi bisa menjadi mediator dan mengaktifkan pelaku usaha kecil dan mikro untuk saling berinteraksi dan bertransaksi satu sama lain,” jelasnya.
Launching program PESAT disaksikan langsung oleh Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, Dirut bank bjb Ahmad Irfan dan jajaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
Untuk diketahui, program PESAT terdiri dari tiga program utama yang meliputi :
1. Pesat sehat dan produktif (PSP) yang fokus pada pemberian layanan kesehatan berupa konsultasi kesehatan, pelatihan hidup bersih dan sehat,  hingga membentuk kader kesehatan yang berperan di lingkungan masyarakat.
2. Pesat Kapasitas Usaha (PKU) yang memberikan kesempatan kepada pelaku usaha UMKM untuk meningkatkan kapasitas usaha melalui pelatihan dan perluasan kesempatan usaha. Salah satunya melalui pelatihan secara reguler di sentra-sentra UMKM bank bjb.
3. Pesat Wirausaha Baru (PWB), dimana program ini akan memberikan kesempatan bagi masyarakat luas untuk berwirausaha. Salah satunya melalui pelatihan penyiapan jiwa wirausaha hingga belajar materi-materi teknis dasar menjadi wirausaha. Semakin banyak wirausaha baru, maka program 100 ribu wirausaha baru Pemprov Jabar bisa tercapai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar