Kamis, 23 Juli 2015

Fokus (Berita) Jabar - Gubernur Provinsi Jawa Barat Ahmad Heryawan (Foto - Web)
Fokus (Berita) Jabar - Gubernur Provinsi Jawa Barat Ahmad Heryawan (Foto - Web)

Aher: Desa Mandiri Kunci Kurangi Urbanisasi

BANDUNG,FOKUSJabar.com: Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengatakan, untuk mengurangi perpindahan masyarakat dari desa ke kota (urbanisasi) dengan menjadikan desa-desa di Jawa Barat mandiri. Dalam hal ini, harus ada dana khusus dari APBD/APBN untuk mewujudkan program desa mandiri tersebut.
“Mudah-mudahan ini jadi pemerataan. Jadi desa yang mandiri ya, jadi small town lah minimal. Hadir sebagai kota kecil yang mumpuni dan mandiri,” ucap Aher kepada wartawan di halaman Gedung Sate, Jalan Dipenogoro Kota Bandung, Rabu (22/7/2015).
Menurut Aher, sebetulnya perpindahan daerah ke daerah merupakan hal yang biasa. Pasalnya, yang dikejar adalah sumber daya perekonomian. Padahal, belum tentu, kata Aher, di kota menjanjikan perekonomian yang lebih baik daripada di desa.
“Ya, tentu dengan banyak masyarakat terpelajar saat ini. Kemudian mengolah lahan pertanian, pendidikan dan lainnya. Sekarang kan ada fenomena masyarakat terpelajar mengelola lahan-lahan yang ada di kabupaten bukan di kota,” katanya.
Aher berharap, dengan adanya perhatian kepada desa, akan berdampak pada perkembangan ekonomi dan infrastruktur yang lebih bagus.
“Sehingga perkembangan ekonomi tersebut dan kesejahteraan yang biasanya dicari di kota didapatkan di desa,” tukasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar