Minggu, 12 Juli 2015

Gubernur Jabar memberikan cendramata ke Konsul Jenderal RI Jeddah
Gubernur Jabar memberikan cendramata ke Konsul Jenderal RI Jeddah (Foto: IST)

Bank Bjb Deklarasikan Diri Sebagai Banknya TKI Di Jeddah

BANDUNG, FOKUSJabar.com : Pada Minggu (05/06/2015), bank bjb kembali menggelar silaturahim dengan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Arab Saudi. Selain bersilaturahim, acara yang kedua kalinya itu dilanjutkan dengan buka puasa bersama yang dilaksanakan di Balai Nusantara Wisma Konjen RI, Jeddah.
Sekitar 300 lebih TKI di Arab Saudi khususnya asal Jawa Barat hadir dalam acara silaturahim dan buka puasa tersebut. Selain itu, acara tersebut dihadiri Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Ketua Umum APJATI Ayub Basalamah beserta rombongan.
Konsul-Jenderal-RI-Jeddah-foto-bersama-dengan-Gubernur-Jabar-Dirut-bank-bjb-Ketum-ApjatI
Konsul Jenderal RI Jeddah foto bersama dengan Gubernur Jabar Dirut bank bjb Ketum ApjatI (Foto: IST)
Dalam sambutannya, Direktur Utama bank bjb Ahmad Irfan secara resmi mendeklarasikan sebagai banknya TKI. Deklarasi tersebut langsung disambut tepuk tangan meriah oleh para TKI yang hadir di acara tersebut.
Tak sampai disitu, bank bjb pun telah menyiapkan program-program khusus TKI seperti program purna TKI, rekening TKI yang dapat dikonsumsi, rekening tabungan TKI yang dapat dicairkan pasca tidak menjadi TKI lagi, dan program KPR (Kredit Pemilikan Rumah) bagi TKI.
Dharmakirty Syailendra, Konsul Jenderal RI Jeddah, mengapresiasi bank bjb dan kehadiran Gubernur Jawa Barat. Hal ini dikarenakan, untuk pertama kalinya bank tingkat nasional mendeklarasikan secara resmi sebagai banknya TKI.
Suasana buka bersama TKI di Saudi dengan bank bjb dan gubernur jabar (foto: IST)
Suasana buka bersama TKI di Saudi dengan bank bjb dan gubernur jabar (foto: IST)
Sebelumnya diawal acara, Ayub Basalamah Ketua Umum APJATI dalam sambutannya berharap agar kedepan para gubernur-gubernur bersedia datang menemui langsung para TKI ke negara penempatan.
Dikesempatan yang sama, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan memberikan penghargaan kepada tiga orang penggiat TKI yaitu Sharief Rachmat (Pembina POSPERTKI & Ketua DPLN PDI Perjuangan Saudi Arabia), Ganjar Hidayat (Ketua Umum BMI-SA), dan Kris Setiyanto. Selain itu pula, Dharmakirty Syailendra Konsul Jenderal RI Jeddah menerima cenderamata dari Gubernur Jawa Barat, bank bjb, dan APJATI.
Acara dilanjutkan dengan pembagian 200 buku rekening tabungan TKI bank bjb yang diberikan secara simbolik ke beberapat TKI, serta diakhirnya dengan tanya jawab antara TKI dengan Gubernur Jawa Barat, Direktur Utama bank bjb, dan Ketua Umum APJATI.
Pada bulan Februari 2015, bank bjb  telah menggelar acara Lauching tabungan TKI yang dihadiri para TKI di Restoran Betawi Kota Jeddah. Acara tersebut pun juga dibarengi kesepakatan kerjasama antara bank bjb dengan POSPERTKI.
Saat itu, sebagai bentuk kepedulian terhadap pendidikan anak-anak TKI, bank bjb memberikan sumbangan dana ke Sekolah Islam Terpadu Darul Ulum yang saat ini berubah nama menjadi Sekolah Islam Terpadu Indonesia Jeddah. SIT INDAH singkatan dari Sekolah Islam Terpadu Indonesia Jeddah adalah sekolah yang didirikan oleh masyarakat yang diprakarsai Dr. Elly Warti Maliki. Siswa-siswi sekolah tersebut adalah anak-anak para TKI.
Selain SIT INDAH, juga terdapat Sekolah milik pemerintah Indonesia yaitu Sekolah Indonesia Jeddah, Sekolah Indonesia Makkah, dan Sekolah Indonesia Riyadh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar