Selasa, 21 Juli 2015

Rombongan pemudik yang menggunakan sepeda motor. (Foto: WEB)
Rombongan pemudik yang menggunakan sepeda motor. (Foto: WEB)

Pemudik Sepeda Motor Dominasi Kecelakaan Mudik, Ini Kata Gubernur Jabar

BANDUNG, FOKUSJabar.com: Tingginya angka pemudik yang menggunakan sepeda motor di Jawa Barat, menjadi catatan Pemerintah Provinsi. Pasalnya, tingginya pengguna sepeda motor akan berdampak pada kerawanan kecelakaan lalu lintas.
Dari pantauan arus mudik, pengguna sepeda motor kerap membawa penumpang dan barang bawaan yang tak sesuai dengan peruntukannya. Kondisi tersebut membuatnya kerap mendominasi korban kecelakaan.
“Catatan khususnya, pemudik roda dua masih tinggi. Kedepan, harus ada rekayasa roda dua. Bagaimana caranya dipaketkan (tujuan kampung halaman),” ujar Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dalam wawancara langsung di salah satu televisi swasta nasional di Cileunyi, Selasa (21/7/2015).
Untuk itu, pasokan armada pengangkut kendaraan roda dua pun harus maksimal pada periode kedepan. Selain fasilitas pengangkut si kuda besi, penekanan kuat akan dilakukan kepada pengendara sepeda motor agar bersedia menggunakan jasa mudik yang disediakan. Hal ini akan terus dimaksimalkan sebagai upaya memprioritaskan keselamatan pemudik.
“Kuatkan armada umumnya, meskipun kurang nyaman yang penting safety,” tegasnya.
Dia menambahkan, infrastruktur pendukung agar terus dirawat dan diperbarui. Kerjasama antara pemerintah dengan masyarakat khususnya pedagang musiman, agar intensif dilakukan sehingga tidak saling menggangu antara kondusifitas arus lalu lintas dan aktifitas perekonomian.
“Kedepan kesiapan rambu dan marka jalan harus dipersiapkan, kedepan mudah mudahan perkembangan jalan lebih baik lagi dan koordinasi dengan masyarakat harus lebih intensif,” pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar