Minggu, 20 September 2015

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Foto: web)
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Foto: web)

Gubernur Jabar Raih Penghargaan Pembina K3 Nasional Tahun 2015

JAKARTA,FOKUSJabar.com: Gubernur Jabar Ahmad Heryawan (Aher) menerima penghargaan Pembina K3 Nasional Tahun 2015, di ruang Birawa Hotel Bidakara Jalan Jendral Gatot Subroto Kav.71-73, Jakarta Selatan, Kamis (10/9/2015) malam. Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Hanif Dhakiri kepada Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar.
Penghargaan Pembina K3 ini diberikan kepada para kepala daerah yang berhasil menekan angka kecelakaan kerja (zero accident) di daerahnya masing-masing. Penghargaan tersebut  diperoleh berdasarkan hasil evaluasi tingkat pusat dengan mempertimbangkan pelaksanaan uji petik berdasarkan laporan lembaga audit SMK3 (Sistim Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja).
Selain hak dasar bagi setiap pekerja, dan kewajiban utama bagi para pelaku industri, K3 juga ditujukan untuk menjamin kesehatan dan keselamatan warga di sekitar lokasi kerja industri. Berdasarkan hal tersebut, Kemnaker mengangkat tag line baru dalam rangka sosialisasi K3, yaitu ‘Safety is my life’ selain ‘Saya pilih selamat’ yang telah dicanangkan tahun sebelumnya. Dengan harapan, K3 akan menjadi budaya, perilaku selamat yang senantiasa tercermin di kehidupan sehari-hari.
Dengan demikian, Wagub Deddy Mizwar pun menilai dunia industri, para pekerja, termasuk pemerintah, harus membangun koordinasi dan integrasi yang baik, layaknya membangun sebuah mitra. SMK3 juga merupakan investasi untuk meningkatkan produktifitas. Maka sistem manajemen ini diperlukan untuk mencegah dan mengurangi terjadinya kecelakaan dan penyakit akibat kerja, untuk menjamin setiap sumber produksi dapat dipergunakan secara aman, sehingga proses produksi pun dapat berjalan lancar.
“Ya, jadi para dunia usaha, industri, dan juga para pekerja atau buruh itu mitra, bahkan kalau dalam kaitan SMK3 ini, justru merupakan investasi, Keselamatan dan kesehatan kerja, jadi investasi dunia usaha untuk meningkatkan produktifitas, saya kira ini sangat penting,” ungkap Deddy melalui Rilis, Jumat (11/9/2015).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar