Minggu, 18 Oktober 2015

10954-01New1

Gubernur Jabar: Idealisme Berbasis Sektor Agraris

BANDUNG, FokusJabar.com: Kang Aher, sapaan akrab Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menekankan pentingnya idealisme dan visi anak bangsa guna mencapai masa depan Indonesia lebih baik, yang terutama berbasis kepada sektor agraris.
“Data menunjukkan kelompok profesi terbesar di Indonesia itu petani dan nelayan, keduanya sektor agraris dengan populasinya 55%. Tapi nasib mereka dulu sampai sekarang tidak berubah. Apalagi saya anak petani, sehingga ini masalah yang dekat dan sensitif bagi saya,” katanya.
Pun demikian, dia mengakui dengan jujur, pengalaman personal maupun sebagai pemangku kebijakan di Jawa Barat, taraf hidup pelaku sektor agraris masih begitu-begitu saja –untuk tidak menyebut selalu kekurangan.
“Penyebab utamanya ada dua, menurut saya. Pertama, Indonesia tidak atau belum punya perencanaan matang dan menyeluruh atas konsep kedaulatan pangan. Kedua, kita masih banyak tergantung impor komoditas, sekali terjadi volatitas kurs seperti sekarang, ekonomi kita pun goyah,” ungkapnya saat media visit ke sebuah kantor laman media nasional di Jakarta, Minggu (18/10) sore.
Aher lantas mencontohkan Jawa Barat. Dengan penduduk per September 46,029 juta tersebar di 5.321 desa, serta luas lahan pertanian 2.478.395 hektar (dari total 3.709.528 hektar), faktanya nilai tukar petani/NTP dan pemenuhan kebutuhan pokok belumlah optimal.
NTP, salah satu indikator kesejahteraan petani, tahun 2014 lalu mencapai 104,46 poin atau turun dari raihan tahun 2011 sebesar 107,31 poin. Jumlah masyarakat miskin sendiri terakhir sebesar 9,18% tersebar di 813 kategori Desa
Miskin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar