Minggu, 05 Juli 2015

Bukan Hanya PPDB, UN Pun Bermasalah!
Kecurangan UN Ilustrasi (muslim)

Bukan Hanya PPDB, UN Pun Bermasalah!

BANDUNG, FOKUSJabar.com: Maraknya pembuatan SKTM bodong yang membludak dalam rangka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dinilai menjadi salah satu dampak dari kesalahan sistem dan nilai-nilai yang diterapkan saat Ujian Nasional (UN).
“Bukan hanya PPDB saja sebenarnya yang bermasalah, tapi saat UN pun sudah bermasalah. Ada anak yang berdiskusi di dalam ruangan dibiarkan oleh pengawas. Kemudian ada anak yang saat ‘try out’ nilainya kecil, tapi di ijazah disulap jadi besar. Itu kan menunjukan tidak adanya penerapan kejujuran dari guru itu sendiri,” kata seorang warga, Dudi saat berdiskusi dengan PRFM, Rabu, (01/07/2015) malam.
Dudi menambahkan, UN yang bermasalah menghilangkan asas keadilan yang ada. Orang yang benar-benar tidak mampu, kehilangan kesempatan untuk mendapatkan pendidikan yang layak.
“Salah satu aspek yang dapat dijadikan ‘alat’ untuk mengeluarkan seseorang dari kemiskinan itu kan pendidikan. Tapi akses kesananya juga harus baik dan benar,” ujarnya.
Kejadian ini membuat miris beberapa kalangan masyarakat, termasuk Dudi. “Saya senantiasa mendidik anak saya untuk berlaku jujur. Karena miris juga melihat proses PPDB yang kacau seperti ini, kalau sejak kecil anak-anak sudah diajarkan untuk tidak jujur, bagaimana kondisi mereka di masa depan nanti?” pungkas Dudi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar