Kamis, 23 Juli 2015

PON XIX 2016 - 2

KONI Jabar Agendakan Gelar Sentralisasi PON XIX Di Awal 2016

BANDUNG, FOKUSJabar.com : Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jabar berencana akan menggelar sentralisasi Pelatda PON XIX/2016 pada awal tahun 2016. Saat ini, baru sembilan cabang olahraga yang melakukan sentralisasi Pelatda PON XIX/2016.
“Kita berharap pelaksanaan sentralisasi ini bisa digelar pada awal tahun 2016, jangan lebih dari bulan Maret 2016. Ini semua kan tergantung dari anggaran,” ujar Ketua KONI Jabar, Ahmad Saefudin kepada wartawan, baru-baru ini.
Saat ini, lanjut Ahmad, baru sembilan cabang olahraga yang sudah menggelar sentralisasi. Terutama cabang olahraga yang ditangani oleh para pelatih Korea Selatan.
Meski demikian, cabang olahraga lain sudah menggelar latihan intensif dengan beberapa sistem. Mulai dari dekonsentralisasi, desentralisasi, sirkuit, hingga sentralisasi mandiri.
“Jadi empat sistem latihan tersebut yang dilakukan cabang olahraga. Karena untuk menggelar sentralisasi semua cabang olahraga pada saat ini jelas tidak mungkin. Dari sisi anggaran salah satunya,” tegasnya.
Meski demikian, pihaknya terus memberikan dukungan bagi peningkatan kualitas dan kuantitas latihan atlet di setiap cabang olahraga. Baik melalui bantuan uang saku, hingga bantuan latihan.
“Penambahan uang saku atlet sudah kita rencanakan. Terus bantuan peralatan latihan pun sudah kita lakukan meski baru 30 persen dari total kebutuhan setiap cabang olahraga. Intinya, kita support penuh kebutuhan setiap cabang olahraga sehingga bisa berlatih maksimal,” terangnya.
Sementara terkait pemetaan peluang medali yang akan diraih Jabar pada PON XIX/2016, Ahmad mengaku jika saat ini posisinya masih surplus. Dalam arti, Jabar belum 100 persen aman untuk bisa mengamankan target Jabar Kahiji di PON XIX/2016. Untuk itu, pihaknya pun akan terus melakukan pemantauan kekuatan lawan sekaligus meningkatkan kualitas atlet Jabar di setiap cabang olahraga.
“Intinya, jangan terlalu pede. Kita tetap berusaha maksimal dalam berlatih sehingga meraih hasil maksimal. Kompetitor pun dipastikan akan berusaha untuk menjegal target Jabar Kahiji di PON XIX/2016. Dan kita pun akan terus memantau kekuatan lawan, salah satunya dengan mengirim tim di pelaksanaan babak kualifikasi PON XIX setiap cabang olahraga yang akan dimulai September 2015 mendatang,” pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar