Minggu, 05 Juli 2015

PPDB 2015: Jalur Afirmasi Rampas Hak Pendaftar Jalur Akademik
Pendaftar PPDB 2015 (smansara)

PPDB 2015: Jalur Afirmasi Rampas Hak Pendaftar Jalur Akademik

BANDUNG, FOKUSJabar.com: Pendaftaraan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2015 jalur afirmasi (tidak mampu) yang membeludak dianggap telah merampas hak pendaftar PPDB jalur akademik.
Dalam Perwal, jumlah pendaftar jalur afirmasi sekurang-kurangnya yaitu 20% dan untuk jalur akademik 75%. Namun tahun ini jalur afirmasi membeludak hingga 49%, maka otomatis berkuranglah kuota jalur akademik yang seharusnya 75% menjadi 51%.
“Kalau sudah begini artinya hak dari orang yang mati-matian belajar agar mendapat nilai tinggi dirampas oleh orang-orang miskin. Yang menyedihkannya lagi banyak dari mereka adalah orang-orang miskin mendadak,” kata Sekretaris Dewan Pendidikan Kota Bandung, H M Irianto kepada PRFM, Rabu (1/7/2015).
Menurut Irianto, jalur afirmasi ini tidak digunakan masyarakat secara benar dan baik, karena banyaknya pendaftar yang berstatus miskin dadakan.
“Mudahnya pembuatan SKTM menyebabkan jumlah pendaftar jalur afirmasi ini membeludak, sehingga banyak juga yang bilang ini adalah jalur ‘mendadak miskin’ bukan jalur afirmasi,” tutupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar